5 Cara Mencegah Kanker Prostat Secara Alami

By | March 24, 2015

Kanker prostat ialah jenis kanker yang berkembang di prostat. Prostat adalah kelenjar yang ada dalam sistem reproduksi laki-laki dan terletak di bawah kandung kemih. Kanker prostat dapat terjadi saat sel prostat mengalami mutasi dan berkembang tak terkendali. Sel ini bisa menyebar dari prostat menuju bagian tubuh lainnya terutama tulang. Kanker prostat bisa menyebabkan rasa sakit, disfungsi erektil, kesulitan buang air kecil, dan gejala lainnya. Saat ini alat tes medis seperti Prostate-Specific Antigen (PSA) sudah dapat mendiagnosa kanker prostat di stadium awal. Dengan melakukan tes prostat tahunan menggunakan alat PSA, seorang pria dapat melakukan upaya pencegahan kanker prostat sejak dini.
download (27)
Dari tes menggunakan alat PSA diketahui bahwa laki-laki muda pun yang masih berusia 40 tahun ke bawah sudah dapat mengidap kanker prostat. Sebab itu tanda-tanda awal kanker prostat harus dapat diketahui dengan jelas oleh setiap pria, ini karena adanya kemiripan gejala kanker prostat dengan jenis gangguan prostat yang lain.

Kabar baiknya adalah ditemukannya beberapa metode pencegahan kanker prostat secara alami sehingga resiko kanker prostat dapat dikurangi sejak dini. Dari penelitian diketahui bahwa kanker prostat dapat dicegah dengan mengkonsumsi cukup makanan nutrisi, obat herbal, dan melalui pendekatan medis alternatif.

Berikut 5 Cara Mencegah Kanker Prostat

Konsumsi Tahu Dan Teh Hijau

Menurut Mayo Clinic, sebuah nutrisi yang disebut dengan isoflavon telah dikaitkan dengan penurunan risiko kanker prostat. Isoflavon banyak ditemukan pada tahu (dari kedelai), kacang tanah, dan lentil. selain itu, beberapa penelitian juga menunjukkan bahwa pria yang minum teh hijau atau suplemen ekstrak teh hijau memiliki risiko yang lebih rendah terkena kanker prostat dibandingkan dengan mereka yang tidak mengonsumsinya.

Berhenti Merokok

Sebuah penelitian dari Harvard School of Public Health dan University of California menunjukkan bahwa pasien kanker prostat yang merokok, lebih mungkin mengalami kekambuhan dan bahkan meninggal. Masih berdasarkan penelitian tersebut, perokok juga lebih mungkin untuk memiliki bentuk yang lebih agresif dari kanker prostat. Belum terlambat untuk berhenti merokok. Bila dibandingkan dengan perokok saat ini, pasien kanker prostat yang berhenti merokok selama lebih dari 10 tahun memiliki risiko kematian yang sama seperti mereka yang tidak pernah merokok.

Olahraga

Menumpuknya lemak di bagian tengah tubuh anda dikaitkan dengan peningkatan risiko kanker prostat. Olahraga teratur dapat menjaga berat badan anda tetap ideal dan berpengaruh positif terhadap kesehatan tubuh anda. Berolahragalah secara rutin agar metabolisme tubuh anda menjadi lebih baik. Pilih aktivitas yang ringan bagi anda seperti jalan kaki, bersepeda, atau berenang.

Makan Ikan Secara Rutin

Asam lemak omega-3 yang terkandung dalam ikan dapat membantu mengurangi risiko anda terkena kanker prostat. Omega-3 banyak ditemukan dalam ikan berlemak seperti ikan salmon, sarden, dan tuna. Penelitian dari UCLA (tahun 2011) menemukan bahwa makanan rendah lemak yang dikombinasikan dengan suplemen minyak ikan dapat memperlambat penyebaran sel kanker prostat.

Konsumsi Lemak Nabati

Beberapa penelitian menunjukkan sebuah hubungan antara lemak hewani dan meningkatnya risiko kanker prostat. Selain daging, lemak hewani juga ditemukan pada mentega dan keju. Bila memungkinkan, ganti lemak hewani dengan lemak nabati. Anda bisa mengganti mentega dengan minyak zaitun, permen dengan buah, keripik kentang dengan sayuran segar, keju dengan kacang, dan lain sebagainya.

Nah itulah sedikit penjelasan mengenai mencegah kanker prostat semoga dengan adanya artikel ini bisa menjadi pengetahuan bagi anda amin.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *