Buah Pencegah Kanker Prostat

By | January 24, 2015

Setiap pria beresiko mengidap kanker prostat di usia tua nanti apalagi jika saat masih muda tidak melakukan perawatan tubuh dan menjaga kesehatan secara menyeluruh di amerika serikat kanker prostat adalah pembunuh no lima terbanyak. Untuk itu, ada baiknya untuk menjaga kesehatan prostat Anda dengan cara meninggalkan kebiasaan buruk tersebut, dan beralih kepada makanan sehat yang mampu menjaga kesehatan prostat tersebut.

buah

Kanker prostat dipengaruhi oleh keturunan, etnis, dan pertambahan usia. Kanker prostat jarang terjadi pada pria Asia dan sering terjadi pada pria di Amerika Serikat serta Eropa. Kanker ini paling sering menyerang orang berkulit hitam. Walau kanker prostat jarang terjadi di Asia Tenggara, termasuk Indonesia, kanker ini bukan berarti tidak bisa menghampiri anda yang notabene orang Asia. Seperti kata pepatah, “lebih baik mencegah daripada mengobati”,

Di bawah ini, ada beberapa jenis makanan atau buah yang mampu menyehatkan prostat Anda :

Kacang-kacangan dan kedelai

Kacang tanah dan jenis kacang-kacangan lainnya yang mengandung senyawa tanaman biologis aktif yang dikenal sebagai phytoestrogen, isoflavon, fitoestrogen, dipercaya mampu melawan kanker prostat, yang menekan pertumbuhan tumor pada sel-sel kanker prostat.

Brokoli

Beberapa studi telah menunjukkan bahwa pria yang rutin mengonsumsi sayuran brokoli, lebih rendah kemungkinannnya mengembangkan kanker prostat di kalangan pria.

Dalam satu penelitian di Kanada, peneliti menemukan bahwa makan dengan jumlah yang cukup besar, terutama brokoli dan kembang kol, dikaitkan dengan penurunan risiko kanker prostat yang agresif.

Tomat

Buah berbentuk bundar dan berwarna merah menyala ini memiliki kandungan likopen yang bermanfaat dalam pencegahan kanker prostat dan mengurangi pertumbuhan tumor pada pria dengan kanker prostat.

Dalam review 21 studi yang ada, para peneliti menemukan bahwa pria yang rutin mengonsumsi tomat mentah dan produk tomat yang dimasak, mampu mengurangi pengembangan kanker prostat dibanding pria yang jarang melakukannya.

 Jus buah delima

Selain teh hijau, buah delima juga dikenal sebagai sumber yang kaya akan antioksidan, dan telah disebut-sebut sebagai buah ajaib yang mampu mencegah terjadinya penyakit kronis, yang berhubungan erat dengan stres oksidatif.

Dalam sebuah penelitian kecil dari 46 pria, peneliti menemukan bahwa minum 8 ons jus delima menunda kenaikkan kadar PSA dan meningkatkan waktu pengandaan dari 15 bulan sampai 54 bulan.

Teh hijau

teh hijau memiliki komponen seperti catechin, EGCG dan epicatechin, yang semuanya sedang dipelajari untuk efek terhadap kesehatan.

Saat ini sudah ada beberapa bukti yang mendukung bahwa senyawa polifenol yang ditemukan dalam teh hijau dapat mencegah perkembangan kanker prostat.

Dalam sebuah studi di Jepang, dari 49.920 pria, peneliti menemukan 48 persen penurunan risiko kanker prostat di kalangan pria yang mengonsumsi lebih dari 5 cangkir teh hijau per hari.

Nah itulah beberapa makanan atau buah yang mampu menyehatkan prostat semoga dengan adanya artikel ini bisa menjadi pengetahuan bagi anda amin.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *