Bubur Tomat Bisa Cegah Kanker Prostat

By | April 28, 2015

Kanker prostat bukan penyakit yang baru lagi didunia medis penyakit ini dialami pria dan ancaman bagi kaum pria, bahayanya sepadan dengan kanker payudara atau kanker serviks pada wanita. Sekalipun tidak punya gen yang pernah mengalami kanker prostat tak ada salahnya mencegah sikanker berbahaya inikan? apalagi dijaman sekarang kanker tidak lagi hanya disebabkan oleh gen saja, penyakit ini telah berkembang karena ancaman lifestyle yang buruk. Mencegah kanker prostat juga sebenernya gak susah dengan mengonsumsi makanan yang mengandung setidaknya kanker bisa dicegah likopen sendiri adalah salah satu zat yang terdapat pada sayur atau buah berwarna orange kemerahan yang memiliki fungsi untuk mencegah kanker prostat.

bubur tomatTomat merupakan salah satu buah yang kaya akan zat likopen ini, harganya murah dan rasanyapun enak biasa digunakan sebagai jus buah atau dicampur sebagai bahan memasak. pakar gizi Dr. Samuel Oetoro, MS. SpGK, seperti dikutip dari antaranews mengatakan bahwa tomat yang direbus lama hingga menjadi setengah bubur menyediakan sumber likopen yang terbaik bubur ini bisa dikonsumsi secara teratur dan membantu mencegah pertumbuhan sel kanker prostat. Mengapa harus direbus? proses merebus akan membantu likopen muncul kepermukaan likopen sendiri sebenarnya berada pada inti buah tomat ia harus dipaksa keluar dengan cara direbus “Memang bila direbus kandungan vitamin C, betakaroten dan lainnya akan hilang. Namun, tomat menjadi istimewa karena kandungan likopennya muncul. Sedangkan vitamin dan betakaroten sendiri bisa didapat dari sayur dan buah lain,” sambung Dr. Samuel.

Berikut Beberapa Nutrisi Yang Mampu Mengurangi Resiko Terkena Kanker Prostat

Melatonin

Studi Harvard baru-baru ini menemukan bahwa pria yang memiliki kadar hormon melatonin yang tinggi lebih kecil kemungkinannya untuk menderita kanker prostat. “Kami menemukan bahwa pria dengan kadar melatonin tinggi memiliki 75 persen penurunan risiko mengembangkan kanker prostat,” kata peneliti, Sarah Markt.

Quercetin

Quercetin merupakan antioksidan bioflavonoid yang ditemukan dalam apel, bawang merah dan putih, di mana dapat menghentikan perubahan dalam prostat yang menyebabkan kanker. Bahkan, peneliti asal Cina menemukan bahwa sel-sel prostat manusia yang diobati dengan quercetin mati dalam waktu 48 jam. Selain itu, para peneliti dari Mayo Clinic menemukan bahwa quercetin memperlambat dan mencegah pertumbuhan kanker prostat.

Vitamin D

Sebuah studi dari the National Institutes of Health and the U.S. Department of Defense menemukan bahwa pria yang kekurangan vitamin D lebih mungkin mengembangkan kanker prostat, yakni meningkat hingga 500 persen. Para ahli merekomendasikan setidaknya 5.000 UI vitamin D setiap hari, atau minimal terpapar 15 menit oleh sinar matahari tanpa tabir surya.

Lycopen

Lycopene adalah pigmen yang memberikan tomat dan semangka warna cerah. Lycopene merupakan antioksidan yang dapat menurunkan risiko kanker prostat hingga 35 persen. Sementara, sebuah studi di University of Portsmouth, Inggris menemukan bahwa lycopene dalam tomat menjadi lebih aktif ketika dimasak dengan sedikit minyak.

Nah itulah sedikit penjelasan mengenai bubur tomat bisa cegah kanker prostat semoga dengan adanya artikel ini bisa memberikan anda pengetahuan amin.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *