Makanan Sehat Untuk Prostat

By | April 21, 2015

makanan sehat untuk prostatKanker prostat merupakan penyakit khas dari kaum pria apalagi yang berusia diatas 50 tahun menurut banyak penelitian kanker ini disebabkan salah satunya oleh pola dan kebiasaan makan. Hingga saat ini penyebab utama kanker prostat belum diketahui Seperti ditulis Mohamad Harli pengamat gizi masyarakat dan sumber daya keluarga dari institut pertanian bogor (IPB) dibuku ‘Makan Sehat Hidup Sehat’ terdapat banyak penelitian untuk mengetahui penyebab kanker prostat. Di Amerika serikat penyakit kanker prostat mempengaruhi 1 dari 6 pria dewasa. Meningkatnya pasien kanker prostat dari tahun ke tahun diyakini karena gaya hidup, khususnya pola makan yang tinggi lemak dan tinggi gula yang berkontribusi terhadap peningkatan tingkat kanker prostat.

Berikut Beberapa Makanan Sehat Untuk Kanker Prostat

Teh Hijau

teh hijauTeh hijau mengandung senyawa antioksidan yang disebut dengan katekin. Zat ini selain mampu meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan menghancurkan bakteri atau virus tertentu juga dapat melawan kanker termasuk kanker prostat. Katekin juga bekerja untuk memperbaiki DNA yang rusak akibat pertumbuhan sel kanker.

Brokoli

brokoliBrokoli mengandung sulforaphane yang dapat menghilangkan racun penyebab kanker. Sebuah penelitian menyebutkan bahwa mereka yang mengonsumsi brokoli lebih dari sekali dalam seminggu akan mengurangi resiko penyebab kanker sebesar 45%

Salmon

salmonKandungan omega 3 di dalam salmon mampu untuk menjaga kesehatan prostat. Selain nutrisi tersebut, ikan salmon juga mengandung eicosapentaenoic (EPA) dan docosahexaenoic acid (DHA) yang dapat mencegah zat pembuluh darah yang mendukung perkembangan sel tumor.

Jamur

jamurJamur mengandung berbagai macam nutrisi yang baik untuk kesehatan. Salah satunya adalah zat antioksidan yang disebut dengan L-ergothioneine yang mampu melindungi sel-sel tubuh dari kanker. Zat ini banyak terkandung di dalam jamur shitake dan jamur tiram.

Cabai Merah

cabai merahCabai adalah salah satu bumbu dapur yang dapat mencegah penyakit ini karena kandungan zat capcaisin di dalamnya. Capcaisin mampu membunuh mitokondria, zat yang merubah sel sehat menjadi sel kanker.

Adapun makanan pantangan bagi penderita kanker prostat

  • Makanan untuk mengobati kanker prostat akan dapat bekerjaDaging, Makanan untuk mengobati kanker prostat akan dapat bekerja dengan baik jika anda membatasi atau menghindari terlebih dahulu mengkonsumsi daging jenis tertentu. Adapun jeni daging yang haru anda hindari adalah daging kambing, daging sapi, daging, kerbau, daging babi dan ikan asin.
  • Buah, Makanan pantangan yang akan kita bahan pertama kali yaitu makanan yang berasal dari buah-buahan. Adapun contoh buah untuk di hindari bagi penderita kanker prostat yaitu kelengkeng, nanas, durian, anggur, duku dan nangka. Apabila anda mampu menghindari jenis buah-buah tersebut di harapkan akan memperlancar makanan untuk mengobati kanker prostat.
  • Sayuran, Selain beberapa jenis buah yang harus anda hindari. Dari jenis sayuran juga anda musti waspadai dan hindari. Contohnya adalah cabai, sawi putih, tauge dan kankung. Dengan menghindari jenis makanan berikut maka kesembuhan akan segera anda dapatkan. Namun jika anda langgar hal yang akan terjadi adalah gejala penyakit kanker prostat yang akan mulai terjangkit dalam diri anda.
  • Jenis makanan lainnya, Semua telah di sebutkan secara lengkap mulai dari jenis makanan dari buah, sayuran dan daging. Namun jangan sampai anda lupa jenis makanan lainnya juga ada yang harus dan wajib anda perhatikan. Misalnya makanan olahan berupa makanan yang memiliki bahan pengawet, makanan dan minuman yang bersoda, junk food, fast food serta makanan yang mengandung alkohol. Yang perlu anda ketahui dengan menaati makanan yang menjadi pantangan anda dalam mengkonsumsi makanan. Berarti anda telah membantu kerja makanan untuk mengobati kankerprostat agar masuk ke dalam tubuh dengan lancar.

Nah itulah sedikit penjelasan mengenai makanan sehat untuk prostat semoga dengan adanya artikel ini bisa menjadi pengtahuan bagi anda semua amin.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *