Pria Botak Berpeluang Miliki Penyakit Kanker Prostat

By | May 5, 2015

pala botakPria yang mengalami kebotakan dikaitkan memiliki resiko yang lebih tinggi untuk mengalami kanker prostat studi terbaru menemukan ada kaitan antara kebotakan dengan dugaan meningkatkan kematian karena kanker tersebut. Dalam studi ini peneliti menganalisa informasi kesehatan dari sekitar 4.000 pria yang sebagianya mengalami masalah rambut dan berusia 25-74 tahun, mereka diketahui memiliki rambut tidak botak, botak ringan, botak sedan dan botak berat. Dari pengamatan tersebut ditemukan pria yang kebotakan dalam tingkat apapun diketahui 56 persen lebih mungkin untuk meninggal karena kanker prostat untuk priode hingga 21 tahun kedepanya ini berdseda Ini berbeda dengan pria yang tidak mengalami kebotakan. Selain itu, pria yang punya botak tingkat parah memiliki 83 persen kemungkinan wafat karena kanker prostat ketimba pria yang tidak mengalami kebotakan.

Temuan ini diduga terjadi karena adanya proses biologis yang berkaitan antara botak dengan kanker prostat kemungkinan hal ini dipengaruhi peningkatan kadar hormon seperti testosteron dalam tubuh pria Hormon tersebut dalam kondisi yang tinggi dalam tubuh dapat memicu kebotakan, namun juga memengaruhi pertumbuhan sel kanker prostat.

“Kebotakan khas pria, yakni rambut yang menipis di bagian depan dan mahkota kepala adalah hasil kumulatif dari paparan testosteron di kulit sepanjang usia,” kata Dr Charles Ryan, peneliti.

Tetapi, perlu diingat bahwa hanya 10 persen responden yang mengalami kebotakan tersebut. Pria yang mengalami kebotakan pada bagian depan kepala risikonya menderita kanker prostat tidak meningkat.

“Namun terlalu dini membuat rekomendasi skrining pria untuk kanker prostat berdasarkan temuan ini. Kami masih perlu penelitian lebih lanjut untuk mendalami apa yang kami amati,” kata penulis studi Cindy Zhou, dari National Cancer Institute, seperti dikutip Detik Health dari Livescience.

Nah itulah sedikit pengetahuan bagi anda semoga dengan adanya artikel ini bisa bermanfaat bagi anda amin.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *